Perasaan cinta & sayang itu seperti tanaman. Ia membutuhkan sinar matahari, air, nutrisi, lingkungan yang tepat, dan yang terpenting adalah waktu. Agar tumbuh sehat, kuat, dan hidup lama, diperlukan kesabaran dan pemahaman bahwa ia membutuhkan proses. Namun jika ia dibiarkan dan berharap bisa tumbuh sendiri tanpa dirawat, maka ia akan layu dan perlahan mati.

Pun dalam pernikahan, perasaan cinta dan sayang diantara pasangan perlu ditumbuhkan, dirawat dan direfresh kembali. Agar benih-benih cinta itu tetap tumbuh dan mampu menumbuhkan. Sehingga tidak akan layu dan mati digerogoti kejenuhan.

Love is like planting a seed. If you water it everyday, it will grow. If you fertilize it, it will get healthy. When you talk to it, it will bloom. Take good care it. Someday, you may harvest the most beautiful and healthy relationship.Jennifer White

Mengapa me-refresh hubungan itu penting?

Karena aspek penting dalam sebuah keluarga adalah pasangan. Keharmonisan dan kekompakan dari pasangan inilah yang memiliki peran penting dalam membangun keluarga yang harmonis.

Keluarga harmonis merupakan batu pondasi bagi seorang anak. Keluargalah tempat mereka belajar, hidup, mendapat tauladan serta tempat saling mencurahkan kasih sayang.

Tentu saja banyak ikhtiar yang harus ditempuh untuk melakukannya. Tapi ada loh cara-cara sederhana yang bisa kita pilih untuk merefresh hubungan dengan pasangan. Yaitu dengan meluangkan waktu bersama pasangan atau lebih populer disebut we time. We time juga bisa dilakukan bersama anak dan seluruh keluarga.

So, sambil nyeruput teh hangat ini dia ide-ide we time yang paling sering kami pilih. Selamat menikmati.

10 ide we time Romantis dan simple bersama pasangan

1. Baca buku bareng ditemani teh hangat dan cemilan

(Foto dari scene drama korea Personal Taste)

Ini seru, apalagi pas lagi hujan. Bagi kami membaca buku bersama ada dua pilihan. Apakah membaca buku diwaktu yang sama dengan buku masing-masing, atau membaca buku yang sama dibaca bersama-sama. Kami lebih sering membaca buku yang sama.

Sebelum membaca buku, kami biasanya menyiapkan minuman dan cemilan terlebih dahulu. Entah membuatnya bersama atau membelinya. Tak lupa menyiapkan tempat yang bersih dan nyaman untuk membaca. Kami menyukai selimut dan bantal untuk bersandar plus menopang buku di pangkuan.

Tak lupa notes untuk mencatat hal-hal inspiring dan penting yang kami temukan. Kadang ada juga yang langsung coba kami praktikan. Setiap beberapa paragraf biasanya kami berdiskusi atau sekedar komentar mengenai bahasan tersebut. Dari diskusi ini lah kami jadi saling belajar sudut pandang dan hal menarik dari masing-masing. Hehe serius amat yak me time nya. Tapi pernah juga kok, hanya membaca aja sambil nge-teh dan leyeh-leyeh.

2. Maskeran bareng

(Foto dari sini)

Kalau ini terinspirasi adegan romantis di salah satu drama korea hehe. Alhamdulillah, Pak suami suka dengan kegiatan ini hehe. Biasanya, sebelum nyiapin masker, kami nyiapin minuman hangat dulu. (favorite banget yak, bikin teh hangat hehe). Nah, lebih romantis lagi kalau saling ngolesin maskernya. Sambil nunggu masker mengering, leyeh-leyeh deh sambil ngobrol dengan mulut kaku. Sesekali nyeruput lemon tea hangat pake sedotan.

Agak kocak sih, kadang juga bikin tantangan “Gak boleh ketawa, kalau ketawa lasut, maskernya rusak!” sementara saya atau pak suami bergiliran bertingkah yang mancing ketawa. Yang kalah harus mijitin punggung pemenang sejumlah kerusakan masker. Halah, gimana ngitungnya coba? hehe

3. Masak atau membuat cemilan bareng

(Foto dari scene drama korea My Love My Bride)

Ini andalan kami juga. Pak suami ketagihan bikin cemilan bareng. Ada empat resep cemilan andalan kami, yaitu bitterballen, choco ball, cilok dan bakwan. Cemilan kami santap sambil ngobrol santai. Kadang iseng bahas kenangan pertama kali ketemu atau moment-moment lucu yang kami lalui. Atau sesekali sambil nonton kalau ada film bagus.

4. Menikmati Hujan

(Foto dari sini)

Tentu saja pilihan ini hanya bisa dilakukan saat musim hujan. Ini sebenarnya kesukaan saya sejak kecil. Dan kebetulan kami sama-sama pecinta hujan. Entah menikmatinya dengan hujan-hujanan, atau menikmati suara hujan ditemani teh atau cokelat hangat, buku dan selimut didepan jendela.

Mungkin lebih nyaman jika main hujan-hujanannya di halaman rumah sendiri biar gak awkward he he. Tapi jika anda tipe yang cuek bebek, ya bebas bisa dimana pun. Kadang saya memakai alasan jemput suami ke kantor saat hujan biar bisa hujan-hujanan hehe. Kebetulan kantor dekat dengan rumah, tinggal jalan kaki 8 menit.

5. Melakukan hobi bareng

(Foto dari sini)

Nah ini juga bisa jadi pilihan seru. Bisa melakukan hobi apa pun yang disepakati bersama. Entah hobi salah satu dari kami atau hobi kami yang sama. Kadang saya ajak dia mewarnai bareng. Kadang ngajak doodling atau nulis bareng.

Agar lebih menarik buatlah temanya, misal kenangan yang paling manis selama bersama, hal-hal yang paling disukai dari pasangan, dan ide lainnya yang bisa menggugah kembali perasaan bersama.

Setelah selesai, bisa saling menceritakan hasil karya masing-masing. Oia, berhubung bujo (bullet journal) hobi saya jadi kadang kami juga nge-bujo bareng, sekalian membuat monthly – weekly – daily schedule kami.

6.Spa-spa-an di rumah

(Foto dari sini)

Nah ini enaknya karena rilex banget dan cukup romantis. Ini pendapat pribadi loh ya hehe. Apalagi kalau ditambah lilin dan minyak aroma therapy, mantap sudah. Minimal sebulan sekali kami memilih cara ini. Selain massage secara bergiliran, kadang kami lanjutkan dengan luluran.:P

Meskipun pijatan atau refleksinya tidak seprofesional di salon, tapi efeknya lebih dari sekedar rileks karena ditambah bumbu cinta hehe. Cobain aja. Nah setelah selesai bersih-bersih, lebih enak minum air jahe hangat atau lemon tea hangat.

7. Bikin bekal bareng kemudian piknik di taman

(Foto dari sini)

Nah, ini juga kegiatan favorit kami. Setidaknya sebulan atau dua bulan sekali lah. Gak usah jauh-jauh, ke taman deket rumah aja pas weekend. Cari yang ada rerumputan dan boleh duduk disitu. Persiapannya tinggal masak bersama. Pilih menu makanan sederhana dan cepat. Kemudian kami bawa ke taman.

Sejauh ini, tempat yang paling luas dan banyak tempat buat gelar tiker di rumput ya di ragunan. Sebelum makan bekal, kadang kami jogging atau naik sepedah, tergantung mood. Makan sambil ngobrol santai ditemani angin semilir dan pemandangan yang cukup hijau tak lupa diiringi suara binatang hehe. Obrolannya bisa ngalor ngidul, atau memang obrolan yang diagendakan. Ya, suka-suka disesuaikan kebutuhan masing-masing.

Oia, kalau hari masih belum panas, kadang kami sempatkan bikin karya lettering kemudian jepret-jepret dikit trus upload IG. Lumayan, sinar matahari bikin foto lebih kece.

8. Nyuci-jemur bareng

(Ilustrasi by Zie Lusiana)

Ini kegiatan yang sering kami lakukan. Setidaknya 1-2 kali sepekan. Selain saling meringankan pekerjaan ini juga kegiatan romantis kalau menurut saya. Buktinya di film-film korea aja banyak adegan nyuci bareng jadi scene romantis dan favorit para kaum hawa apalagi emak-emak muda macam saya. Hehe.

Cobain deh, para suami milih kegiatan ini, pasti istrinya meleleh. *halah, lebay ya wkwkwk tapi seriusan ini sesuatu banget buat perempuan mah. So sweet gitu deh rasanya. Nambah makin cinta 😀 Yang jomblo pasti baper liatnya. hihi maap. 😛

 

9. Olah raga bareng

(Foto dari sini )

Olah raga memang jitu banget buat ngerefresh mood. Ini salah satu mood booster favorit kami juga. Selesai olah raga itu, serasa semuanya ringan baik tubuh maupun otak. Beban pikiran selama ini serasa hilang diterpa angin. Rupanya memang betul, selain baik untuk kesehatan fisik, olah raga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental. Dalam kondisi fisik dan mental yang sehat, maka komunikasi dengan pasangan pun bisa lebih produktif.

Ada 4 manfaat psikologis dari berolahraga berdasarkan penelitian dari Association for Applied Sport Psychology (AASP) yang disampaikan dalam artikel CNN Indonesia :

  1. Meningkatkan suasana hati
  2. Mengurangi stress
  3. Meningkatkan rasa percaya diri
  4. Tidur lebih nyenyak

10. Santai leyeh-leyeh

(Foto dari scene drama korea My Love My Bride)

Bersantai leyeh-leyeh di rumah. Saat ada moment berdua dan males mikir mau ngapain, ya leyeh-leyeh aja. Kadang sambil curhat-curhatan atau nonton video atau film favorit. Biasanya disambi makan es krim atau minum jus tak lupa cemilan favorit.

Well, Itulah 10 ide we time a la kami. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencobanya. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing pasangan.

Kalau teman-teman punya ide seru dan sederhana lainnya, boleh loh saya dibisikin juga lewat kolom komentar.

Terimakasih sudah mampir dan selamat mencoba.
Have a great day

2 Comments

  1. Wah, teh zie udah bikiin! Kujuga ah segera selesaikan 😀

    Nambahin, candle light dinner ala ala dirumah teh, matiin lampu, pasang lilin. Murah meriah romantis 😛

    • zielusi Reply

      waaah… Mbak Ani lagi bikin juga tho. ayoo selesaikan! kabari saya kalo udah posting ya. hihi.
      aheuy, candle light dinner, keknya romantis beut yaa. jadi pengen nyobain.. 😀
      oia, makasi banyak ya sudah berkunjung kemari. 😉

Write A Comment