Melatih Kecerdasan Emosi dan Spiritual
Kuliah Bunsay IIP – Game Level 3 
#HariKe11

Gratitude Project Day 5

Alhamdulillah. Hari kelima praktik melatih Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual bagian 2 : Gartitude Project. Ini adalah hari terakhir dari Gratitude project yang akan dilaporkan di tantangan kelas Bunsay.

Besok hingga 5 hari kedepan rencananya (In syaa Allah) kami akan memulai project baru (Happiness Project) sebagaimana kami sampaikan di tantangan hari pertama tentang Family project.

Gratitude Jar yang isinya semakin bertambah, Alhamdulillah. maaf fotonya buram karena alasan teknis he he

Masya Allah Tabarakallah,

Luar biasa dan menyenangkan sekali menjalankan project ini. Serasa bertambah ilmu baru padahal ini adalah ilmu lama yang sudah diajarkan sejak kecil. Dan serasa baru merasakan juga kenikmatan bersyukur, mulai dari kenikmatan yang dipandang kecil sampai yang besar. Bahkan untuk hal yang dianggap tidak menyenangkan sekalipun. Bersyukur menjadikan hidup lebih bahagia dan meringankan pundak.

Sebagaimana firman Allah:

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S. Ibrahim: 7)

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. An Nahl: 18)

Apa yang kami tulis dan kami masukkan ke Gratitude Jar masih teramat sangat sedikit. Bahkan tak lebih dari sekecil biji zarrah dibandingkan kenikmatan yang tak terhitung yang Allah karuniakan kepada kami. Pun dengan yang kami tulis di Gratitude Journal, ucapan terima kasih yang kami sampaikan dan yang kami bahas di Gratitude Circle.

Tetapi, dengan menuliskan dan bersyukur secara sengaja yang walaupun teramat sedikit itu, kami mendapat kenikmatan tambahan berupa bertambahnya kebahagiaan kami dan berkurangnya kesedihan atau keluhan kami.

Mungkin, itu adalah salah satu kenikmatan yang Allah tambahkan bila kita bersyukur sekecil apapun atas karunia Allah. Sebaliknya, bila hari dilalui tanpa syukur, entah mengapa ada saja hal yang membuat hari yang dijalani menjadi relatif mudah stress, mengeluh, atau bad mood.

In syaa Allah kami akan melanjutkan terus Gratitude Project ini, bahkan kami berencana membuat aplikasi gratitude untuk memudahkan dan mengingatkan kami agar senantiasa bersyukur. Mudah-mudahan benar-benar bisa kami wujudkan dan bisa bermanfaat juga untuk orang lain.

Mudah-mudahan kami dan siapapun yang membaca ini tidak lupa dan senantiasa bersyukur sebagaimana sabda Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam kepada Muadz:

“Wahai Mu’adz, hendaklah engkau tidak lupa pada setiap selesai melaksanakan shalat untuk mengucapkan doa: ‘Ya Allah, berilah pertolongan padaku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbaiki ibadah untuk-Mu.” (H.R Ahmad & Tirmidzi)

Demikian apa yang kami pelajari hari ini. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil.

 

Selamat Melatih Kecerdasan,
Have a great day

Write A Comment