Melatih Kecerdasan Emosi dan Spiritual
Kuliah Bunsay IIP – Game Level 3 
#HariKe13

Hari kedua dari Happiness Project. Seperti yang direncanakan kemarin, hari ini saya mengawali pagi dengan memilih untuk bahagia. Statement “saya bersyukur atas kesempatan hidup pagi ini dan memilih untuk mengawali hari ini dengan berbahagia” ternyata cukup ngefek ya. Terlebih ditambah ngisi Gartitude Jar dan Journal, makin deh berasanya. Alhamdulillah.

Ternyata memang diri itu perlu statement alias pernyataan untuk pengukuhan diri. Bukankah kita semua selalu mengharapkan pengakuan? Rasanya kita pun perlu pengakuan dari diri sendiri. Setidaknya itu yang terjadi pada diri saya, mungkin teman-teman lain juga.

Ada hal lain yang saya pelajari dan hasil observasi suami saya. Dia bilang kalau saya lebih cantik kalo senyum. #halah antara gombalan dan kenyataan campur aduk wkwkwk. Tapi kalau ngomongin soal senyum, memang saya ini bisa digolongkan ke tipe yang jarang senyum. Senyum pas perlu aja atau sekalian tertawa kalau memang ada yang lucu. wkwk. Gak heran kalau banyak yang sempat “segan” awal ketemu saya, katanya agak jutek wajahnya. Padahal saya ini periang dan sering ketawa kok. 😛

So, saya bikin karya Daily Happiness Quotes hari ini tentang senyum. Betul, saya sendiri juga pas bercermin, wajah tersenyum itu lebih enak dilihat ya, ha ha. Saya baru sadar bahwa selama ini, jarang banget ngaca sambil senyum. Saya selalu ngaca sambil muka serius atau datar. wkwk

My Daily Happiness Quotes Day #1 – design by me

Dan, alhamdulillah sesi help others hari ini, spesial Allah kirimkan dua orang yang sengaja jauh-jauh datang menemui kami untuk sharing. Maa syaa Allah. Allah Maha Baik. Kami diberi kesempatan besar untuk belajar, bercermin, dan mengumpulkan mutiara-mutiara pembelajaran hidup. Hal ini pula yang saya isi di Happiness Journal saya.

Saya tidak bisa menceritakan detail terkait kasusnya. Tapi yang saya pribadi dapatkan adalah perasaan bersyukur, merasa diri berharga, dan bahagia. Apalagi ketika mendengar seseorang itu merasa bersyukur atas kehadiran kami.

Kadang kita juga sering kan ya merasa bahagia banget ada yang hadir untuk mendengarkan curhatan kita. Dan kadang bukan solusi akhir yang kita harapkan. Justru hanya ingin clue atau ya sekedar ingin didengarkan saja agar lebih plong dan lebih waras.

Ketika kita ada diposisi untuk bisa mendengarkan, dan orang lain itu merasa didengarkan serta bersyukur atas kehadiran kita, rasanya bahagiaaaa banget. Alhamdulillah. I’m so grateful today. Maka menjelang tidur, saya ingin mengucapkan “Aku bersyukur atas hari ini yang telah kulalui dan memilih untuk menutup hari ini dengan berbahagia.”

 

Selamat Melatih Kecerdasan,
Have a great day

Write A Comment