Melatih Kecerdasan Emosi dan Spiritual
Kuliah Bunsay IIP – Game Level 3 
#HariKe15

Hari keempat dari Happiness Project. Ini adalah pagi keempat saya mengucapkan pada diri saya bahwa; “Saya bersyukur atas kesempatan hidup pagi ini dan memilih untuk mengawali hari ini dengan berbahagia”.

Ada yang menarik di hari ini. Semakin saya berniat untuk memilih bahagia, semakin saya diberi soal dan kesempatan untuk memilih lebih banyak. Yup, kesempatan memilih alias “godaan” bagi saya untuk tidak memilih bahagia jadi makin bertambah. mulai dari hal sepele sampai soal self worth saya yang ditoel-toel seharian ini ha ha.. hmm menarik juga ya.

Kemudian saya tersadar, bahwa semua kesempatan itu adalah untuk mengasah kemampuan saya untuk memilih. Itulah yang saya butuhkan saat ini, karena saya sendiri yang memilih untuk belajar berbahagia. Semakin banyak godaan, semakin banyak kesempatan saya untuk berbahagia, maka kadar kebahagiaan dan rasa syukur saya akan semakin tinggi. Alhamdulillah.

So, hari ini saya membuat  Daily Happiness Quotes tentang memilih bahagia. Tidak ada yang bertanggung jawab atas kebahagiaan saya selain diri saya sendiri, karena berbahagia adalah pilihan.

My Daily Happiness Quotes Day #4 – design by me

Dulu saya sempat berpikir bahwa kebahagiaan itu dicari, sebagaimana banyak orang mencari bahkan mengejar kebahagiaan. Entah dengan berlibur, berpacaran, menikah, bekerja demi segenggam berlian, mencari hiburan dan berbagai cara lainnya.

Namun kemudian di satu titik saya tersadarkan bahwa dalam kondisi apa pun kita bisa berbahagia, karena bahagia adalah sudut pandang, karena ia adalah pilihan. Orang yang berlibur atau sudah menikah, sudah bergelimang harta, yang selalu mencari hiburan tiap malam, mereka bisa saja tidak bahagia. Banyak kok contohnya, kita pasti sering menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Entah dari kehidupan orang lain maupun pengalaman pribadi.

Saya melihat memilih berbahagia itu seperti habit. Langkah lanjutan dari habit bersyukur. Kebahagiaan juga menular lho. Jadi bisa kebayang kan jika kita dan pasangan juga keluarga kita memiliki habit ini?

Itulah tulisan saya di Happiness Journal hari ini. Kontemplasi tentang rasa bahagia. Sementara Sesi help others hari ini, saya alihkan ke help my self karena tadi sirine diri saya sudah berbunyi dan harus segera ditangani. Dan kebetulan pula hari ini tidak ada teman atau yang lainnya yang “meminta bantuan saya”, jadi saya berpikir dan berharap mereka sedang berbahagia dan baik-baik saja. Mengapa tidak menawarkan diri duluan? karena diri saya lebih membutuhkan bantuan saya. 😀 Dan Alhamdulillah dengan bimbingan dan pertolongan Allah, saya dapat menolong diri saya hari ini.

Alhamdulillah. I’m so grateful today. Maka malam ini, saya ingin menutup hari sebelum tidur dengan mengucapkan; “Aku bersyukur atas hari ini yang telah kulalui dan memilih untuk menutup hari ini dengan berbahagia.”

 

Selamat Melatih Kecerdasan,
Have a great day

 

 

Write A Comment