Kuliah Bunsay IIP – Game Level 4
#HariKe4

Mengamati Gaya Belajar Day 4

Di hari keempat ini, saya mengamati cara saya belajar dalam membuat bullet journal. Biasanya saya mengawalinya dengan mencari ide layout. Berselancar di pinterest dan akun-akun IG para bullet journaler. Setelah puas cuci mata, baru deh bikin list mau bikin halaman apa aja. Setelah itu mulai corat coret bikin sketsa tiap pagenya.

Oia, dalam membuat list, saya merasa lebih greget kalau saya menuslikannya di kertas dibanding bikin checklist digital (menggunakna aplikasi dan sejenisnya). Rasanya saya merasa lebih hidup dan merasakan lebih fokus ketika menuliskannya langsung di kertas.

Nah, kalua soal ide, seringnya, saya benar-benar menemukan ide ketika membuat sketsa. Saya merasa cocok tidaknya ketika membuat sketsa. Kadang hasulnya berbeda dari yang saya bayangkan. hehe. Karena, ketika membuat sketsa, saya biasanya baru mendapat feel yang pas mau membuatnya jadi seperti apa.

Bukan berarti hasil berselancar jadi tidak berguna. Itu sangat berguna untuk menambah referensi imajinasi saya. Kadang sekedar tata letak, style dan warna mejadi patokan saya. Sementara doodlenya saya buat sesuai selera. Seringnya sih gaya minimalis dan tema floral.

Tak jarang saya ganti robek halaman yang kurang pas tata letaknya meski sekedar salah garis sedikit. Kemudian saya memulainya lagi dari nol di kertas baru. hehe. Rasanya, mata dan perasaan saya gak enak kalau ada yang ganjil hehe. Selalu ada perasaan ingin membetulkannya sampai benar-benar tampak seimbang dan sempurna (dalam kaca mata saya).

Nah, dari pengamatan itu jika dikaitkan dengan gaya belajar visual-auditori-kinestetik, rasanya makin jelas bahwa saya tipe kinestetik-visual. Hmm…

Selamat Melatih Kecerdasan,
Have a great day

Write A Comment