Menstimulasi Anak Suka Membaca
Kuliah Bunsay IIP – Game Level 5
Tantangan #HariKe6

Hari ini saya membaca buku AMANI Birth (Assisting Mother for Active, Natural, Instinctive Birt) chapter 10. Bab kesepuluh ini membahas tetang “Enjoying the Birth Experience”.

Fisiologi Persalinan dan Kelahiran

Di bab ini Aisha Al Hajjar lebih menjelaskan tentang betapa besarnya pengaruh pengalaman melahirkan terhadap kondisi psikis sang bayi dan ibu serta akan sangat mempengaruhi kualitas hubungan mereka seumur hidup. Pengalaman itu akan sangat mempengaruhi psikis sang bayi dalam menjalin hubungan dan rasa “trust” dia dengan dunia di sekitarnya.

Ada tiga tahapan persalinan dan memahami bagaimana fungsi tubuh sang ibu yang telah Allah ciptakan dan siapkan untuk persalinan dan melahirkan.

  1. Tahap pertama : rahim bekerja keras untuk membuka dalam persiapannya untuk kelahiran
  2. Tahap kedua : mengacu kepada kelahiran yang sebenarnya; di waktu ini sang ibu bekerja dengan rahimnya untuk mendorong bayi keluar
  3. Tahap ketiga : setelah kelahiran, mengacu pada pengeluaran plasenta

(penjelasan detail ada di buku)

Selain itu, penulis juga memaparkan tentang melatih tahapan emosional dalam proses persalinan serta menjelaskan tanda-tanda tiap tahapannya beserta kebutuhan emosi sang ibu tiap tahapnya. Dan di akhir ia menekankan bahwa  betapa pentingnya bagi sang ibu untu tetap aktif dalam proses persalinan selama mungkin. Ia menambahkan pernyataanya dengan sebuah ulasan dari Chocrane Library, dari dua puluh satu penelitian yang melibatkan 3500 ibu, mereka menemukan bahwa :

terdapat bukti bahwa berjalan dan posisi tegak lurus di tahap pertama persalinan dapat mengurangi panjangnya masa persalinan dan hal tersebut nampak tidak menimbulkan peningkatan intervensi atau pun efek negatif bagi kesehatan sang ibu dan bayi. Para wanita mesti didorong untuk mengambil posisi apapun yang nyaman bagi mereka pada tahapan pertama persalinan.

(Pohon Literasi kami di hari ke 6 – Daun berwarna hijau adalah saya dan warna kuning adalah suami)

Selamat membaca buku bersama keluarga,
Have a great day

Write A Comment