Menstimulasi Anak Suka Membaca
Kuliah Bunsay IIP – Game Level 5
Tantangan #HariKe8

Hari ini saya membaca buku AMANI Birth (Assisting Mother for Active, Natural, Instinctive Birt) chapter 112 Bab keduabelas ini membahas tetang “The baby’s Needs and Rights”.

Kebutuhan dan Hak-hak Bayi

Di bab ini Aisha Al Hajjar lebih menjelaskan tentang betapa pentingnya memenuhi kebutuhan dan hak bayi sesaat setelah ia dilahirkan, yaitu dihangatkan dan didekap dengan telanjang dada sang ibu dan ia dibiarkan untuk mendengarkan detakan jantung sang ibu yang sudah dikenalnya dan telah menjadi irama dunianya selama sembilan bulan terakhir.

Tidak masalah apakah sang bayi masih kotor atau berlumuran darah, karena kita tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk menenangkan bayi untuk menghadapi dunia ketika momen baru saja terlahir. Karena moment ini akan sangat mempengaruhi pada bagaimana cara sang bayi memandang dunia kelak.

Apakah dunia ini merupakan tempat yang lembut dan penuh cinta yang dapat dipercaainya untuk mendapatkan semua yang dibutuhkannya? ataukah dunia ini merupakan tempat terang yang dingin dipenuhi dengan permukaan kasar, sarung tangan karet, suara-suara asing, dan sentuhan yang jauh? Apa yang kita inginkan untuk bayi yang baru lahir tersebut?

Selain itu penulis juga menyampaikan tentang hadirnya AMANI Birth sebagai metoda untuk menolong para wanita agar tidak berakhir dengan prosedur yang merusak, sehingga masing-masing individu ditangani berdasarkan kebutuhan yang benar dan tidak akan ada protokol yang berbahaya.

Menurut Aisha, pendidikan orang tua harus menjadi prioritas utama sehingga pasangan dari ibu hamil dapat mendukungnya dengan baik dan maksimal sehingga sang ibu memiliki kesadaran untuk melakukan perubahan dan dapat melahirkan dengan lebih baik dan lembut untuk sang bayi.

(Pohon Literasi kami di hari ke 8 – Daun berwarna hijau adalah saya dan warna kuning adalah suami)

 

Selamat membaca buku bersama keluarga,
Have a great day

Write A Comment