Cerdas Finansial
KuliahBundaSayang IIP – Game Level 8
Tantangan #DayKe_3

Biaya Akomodasi yang Terlewatkan

Pagi tadi setelah shalat subuh kami berangkat jogging. Rencananya sekalian jogging menuju pasar modern dan berbelanja untuk masakan 3 hari kedepan. Ini pertama kalinya kami ke pasar modern dekat rumah. Sebelumnya kami biasa berbelanja di super market besar agar sekalian dengan belanja keperluan lainnya.

Namun, setelah evaluasi kemarin ternyata kami bisa lebih berhemat jika belanja sambil jogging ke pasar modern. Sebenarnya saya sebagai emak-emak merasa sering tida puas dengan sayuran maupun rempah yang ada di swalayan. Disana kurang segar dan kadang sudah dibawah standar, mungkin sudah sering kebagian sisa-sisa. Sementara di pasar jauh lebih segar dan baru apalagi belanja subuh-subuh.

Sepanjang jogging kami sambil berdiskusi santai. Apalagi ketika lewat jalanan yang ramai kendaraan, kami diskusi lebih seru karena sambil jalan santai.

Dalam diskusi itu ternyata kami baru sadar bahwa ada anggaran yang terlewat. Yaitu akomodasi berbelanja. Setelah dihitung-hitung, ternyata dengan sambil jogging kami bisa menghemat lebih dari 50% anggaran dibandingkan akomodasi ke swalayan tiap bulannya. Karena berangkatnya kami jogging baru pulangnya kami naik mobil online atau taxi.

Seandainya ongkos sekali berangkat itu 25.000 maka pulang pergi jadi 50.000, maka sebulan perlu 1.500.000 hanya untuk ongkos. Maka jika sambil jogging bisa menghemat 750.000. Itu pun jika belanja ke pasar sambil jogging kami perkirakan hanya 3 hari sekali. Karena bahan makanan yang kami beli biasanya kami setting agar cukup untuk 3 hari. Maka akomodasinya menjadi lebih hemat lagi. Hanya perlu 250.000 per bulannya. Alhamdulillah..

Jadi, pelajaran berharganya adalah…

kadang biaya akomodasi ini sering terlewatkan karena dirasa perintilan kecil dan menggunakan uang receh atau saldo uang elektronik. Gak terasa jadi sering terlewat untuk dhihitung. Padahal ketika dijumlahkan bisa lumayan bengkak totalnya.

Semoga teman-teman lain bisa lebih cermat yaa dibanding saya. hehe..

Selamat belajar membuat catatan keuangan…
Have a great day,

Write A Comment