Cerdas Finansial
KuliahBundaSayang IIP – Game Level 8
Tantangan #DayKe_7

Memilih Investasi Emas

Perihal catat mencatat keuangan dalam beberapa hari ini alhamdulillah sudah cukup baik dan tercatat. Meski ada beberapa penyesuaian karena terkait kebutuhan mendesak keluarga besar seperti yang saya sampaikan di postingan sebelumnya, alhamdulillah masih aman terkedali.

Nah, namun disamping itu ada yang sedang kami pertimbangkan untuk memulainya kembali setelah agak lama tidak berjalan.

Kebetulan beberapa hari ini di grup teman-teman berisi ibu-ibu muda yang saya ikuti, saya menemukan topik terkait investasi melalui tabungan emas. Bahkan topik ini mulai seru didiskusikan sejak awal materi ke 8 tentang cerdas finansial diposting.

Rupanya sudah banyak yang mulai menabung emas. Luar biasa ya ibu-ibu muda ini.

Sebenarnya kami pun sudah cukup lama mempertimbangkan hal ini. Bahkan dulu juga menjadi salah satu alasan saya memilih mahar berupa Logam Mulia, emas.

Ada pun yang menjadi latar belakang kami adalah beberapa hal berikut :

  1. Aman, terutama yang memiliki sertifikat Antam karena diakui negara dan secara global.
  2. Resiko rendah. Tidak seperti trading forex atau saham yang naik turun bahkan bisa sangat rendah atau mengalami bubble.
  3. Nilai intrinsik sesuai dengan barangnya sehingga bebas dari inflasi/deflasi seperti yang dialami mata uang kertas.
  4. Mudah dicairkan, bisa dijual kapanpun membutuhkan tunai.
  5. Relatif terjangkau. Bisa dibeli per gram. Tidak seperti investasi lain yang biasanya memerlukan modal relatif lebih besar atau mahal.

Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, sangat logis bila akhirnya kami memantapkan hati untuk mulai menabung emas ini. Kami rencananya akan mulai melakukannya pas gajian bulan depan. Begitu gajian langsung kami tabungkan dalam bentuk emas agar uang kami tidak langsung menguap bayar ini itu, hehe.

Selamat mencoba menabung emas dan Selamat belajar membuat catatan keuangan…
Have a great day,

Write A Comment