Cerdas Finansial
KuliahBundaSayang IIP – Game Level 8
Tantangan #DayKe_9

Perlu Ubah Strategi Keuangan

Ada pelajaran yang sangat menohok dan membuat kami semakin berpikir ingin membuat strategi keuangan baru di bulan depan. Terutama soal tabungan dan investasi.

Ada kejadian hari ini dimana kami diminta lagi bantuan untuk menyumbang keperluan keluarga besar. Namun, karena kami tidak mempunyai tabungan untuk berbagi, maka kami belum bisa membantu saat ini sampai gajian kembali tiba.

Hal ini membuat kami sedih belum bisa membantu mereka saat ini dan di saat yang sama membuat kami termenung mengapa di saat situasi urgent seperti ini kadang-kadang belum bisa membantu saat itu juga.

Kami mengamati bahwa memang kami belum memiliki kebiasaan menabung, khususnya tabungan untuk berbagi (sharing). Selama ini, pos keuangan kami seringkali habis untuk kebutuhan kami sendiri dan bantuan rutin bulanan untuk keluarga yang biasa kami berikan.

Bisa dikatakan gaji itu dibagi 3 pos besar, pos untuk kebutuhan bulanan kami, pos untuk keluarga orang tua suami dan pos untuk keluarga orang tua saya.

Sehingga, ketika ada keperluan mendesak untuk membantu keluarga diluar kebutuhan bulanan, kami akhirnya akan mengambil dari pos untuk kebutuhan kami sendiri. Akibatnya, sisa uang yang ada akan terpakai dan bahkan kadang malah kami yang jadi kekurangan dan kadang kali meminjam meski sebentar ke saudara lain. heuheu.

Persis dengan pelajaran hari kemarin, semakin membuat kami menyadari perlunya membuat 3 tabungan (Saving, Spending, dan Sharing) sebagiamana yang direkomendasikan di materi cemilan kedua rabu kemarin.

Betul. Ide ini sangat cocok agar kelak ketika ada keperluan mendadak untuk keluarga atau teman bisa mengambil dari tabungan sharing sehingga tabungan dan anggaran lain tidak terambil. Dengan skema 3 tabungan ini, in syaa Allah kebutuhan apapun sudah ada pos-nya, termasuk untuk bantuan.

Tantangannya adalah bagaimana starteginya agar keperluan bulanan kami dan dua keluarga ortu kami tetap terpenuhi namun kami  tetap bisa memiliki 3 tabungan plus investasi emas seperti rencana kami kemarin lusa.

Benar-benar harus memutar otak nih. Bismillah semoga ada jalannya ya..

 

Selamat belajar membuat strategi keuangan…
Have a great day,

Write A Comment