Membuat Sushi dengan Bahan Seadanya

Kemarin saya dan pak suami sedang mupeng sushi. Tapi karena budget untuk makan di luar sudah terpakai dan sedang hemat mode ON, jadilah terpikir untuk membuat sushi sendiri hari ini. Toh kalau pun makan di luar susah sekali mencari sushi yang halal. Adapun yang mengklaim halal, rasanya jauh banget (baca: kurang pas dilidah). heuheu.

Si istri yang demen eksperimen ini pun akhirnya merasa tertantang untuk mencoba membuat sushi dengan bahan seadanya di rumah. Paling kemarin pak suami beliin nori dan penggulung sushi yang harganya masih belasan ribu saja.

Berhubung kami lebih suka jenis Maki alias sushi yang digulung dan dilapisi nori, biasanya isinya adalah nasi, sayuran dan daging ikan. Ya jadinya mau coba bikin ini aja meski bukan menggunakan daging ikan. He he he

Karena ini percobaan pertama, ya saya tidak begitu berharap akan mendapat hasil yang sempurna. Paling tidak, masih bisa dimakan dan gak aneh banget rasanya dilidah. He he he.

Menariknya, kami tidak memiliki beras khusus sushi tentu saja. Lalu bagaimana ya biar rasanya mendekati nasi sushi?

Akhirnya saya berpikir, “Bagaimana kalau saya mix antara beras biasa dan beras ketan. Mumpung ada di rumah bahannya meski tinggal sedikit. Kan kayaknya bisa tuh pulen-pulen kenyal kayaknya kalo dimix.”

“Isi sushinya gimana? mau diisi apa aja? kan stok makanan gak begitu banyak dan gak variatif. Cuma ada wortel, timun Jepang, kol, bawang bombay, ayam fillet, saus barbeque dan wijen”

“Ya sudah kita pakai itu saja, namanya juga coba-coba. Kalau mau nyari yang gak ada mah, kapan juga bikinnya. He he”

Akhirnya saya menggunakan bahan-bahan ini:

Nasi Sushi :

  • beras biasa 1 cup
  • beras ketan 1/4 cup
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula putih
  • Dimasak hingga matang

    Hasil nasi yang saya racik. Pulen, kenyal dan pas untuk digulung. Ya beda-beda tipis lah dengan nasi sushi he he he

Isian Sushi

  • Ayam panggang – menggunakan saus barbeque + taburan wijen (ceritanya biar lumayan kaya rasa karena tidak ada bahan pelengkap lain untuk cocolan dan celupan sushinya).
  • Wortel kukus dipotong memanjang
  • Timun Jepang mentah dipotong memanjang
  • Mayones (additional)
  • Minyak wijen untuk olesan nasi
  • Nori panggang lembaran khusus untuk Sushi
Ayam fillet yang saya panggang menggunakan saus barbeque dan ditaburi biji wijen. Dipanggang sekitar 10-14 menit menggunakan Microwave.
Timun Jepang yang dibuang bagian tengahnya dan dipotong memanjang, wortel dipotong memanjang dan dikukus, Minyak wijen, dan Nori untuk selimut sushi.
Susunan isi sushi yang siap digulung. Sebenarnya isinya bisa apapun sesuai selera. Pakai resep di mbak google juga banyak bertebaran, tapi saya mah menyesuaikan apa yag ada aja di percobaan pertama ini. Oia, iseng saya taburi bawang goreng, meski agak kurang nyambung, jangan ditiru yang ini mah wkwk. :p
Penampakan sushi setelah digulung dengan bantuan penggulung sushi yang berwarna putih garis-garis. (Biasanya ada yang dari bahan kayu, karena kemarin kosong, belinya yang plastik ini)
Gulungan sushi dipotong-potong seperti ini
Siap dihidangkan tinggal beri pelengkap cocolan atau taburan (Kayaknya gulungan yang saya buat kurang firm, jadi masih ada yang agak longgar isiannya. Maklum, pertama nyoba he he)

Pelengkap Akhir

  • Schimi (taburan yang terdiri dari cabai kering, wijen, jahe, nori, kulit jeruk, dan bahan lainnya yang totalnya mencapai 7 bahan) saya gak punya jadinya pakai bubuk cabe pedas biasa dan taburan nori non msg dan halal saja. Biasanya Schimi ini ditaburin di atas shoyu.
  • Wasabi. Hmm saya kurang suka dan gak ada, saya skip aja yang satu ini.
  • Gari (acar jahe). Hmm pun saya gak suka dan gak ada. kalau pun ada bakal saya diemin he he. Sebenarnya fungsi Gari ini tidak untuk dimakan berbarengan dengan sushi, melainkan untuk menetralkan rasa di lidah. Jadi kita bisa makan ini saat akan mengganti jenis sushi yang kita makan. Nah jadi bahan ini memang tidak perlu ada karena sushi yang saya buat cuma satu rasa he he.
  • Shoyu koikuchi (manis dan kental)  dan tamari (asin dan encer) juga saya tidak punya, jadi gak pakai ini he he.
  • Teh hijau atau ocha akan menjadi pelengkap minuman paling pas untuk makan sushi.
Sushi siap disantap baik menggunakan sumpit maupun langsung pake tangan.

 

Think Creative
KuliahBundaSayang IIP – Game Level 9
Tantangan #DayKe_6

Selamat belajar bersyukur dan berpikir kreatif..
Have a great day,

Write A Comment