Bekal Praktis

Akhir-akhir ini pak suami sedang dilanda malas keluar kantor pas jam istirahat dan jadinya jarang makan siang. Bukan, bukan karena gak laper, tapi karena hectic. Biasanya sih pulang ke rumah buat makan siang wong jarak rumah-kantor cuman 10 menit pake motor, tapi seringnya agenda meeting dan lagi hectic banget jadinya gak pulang makan siang. Pun sekedar ke tempat makan sekitar kantor juga males kayaknya. Lelah.

Kesian juga deh kalau jadi jarang makan siang. Akhirnya saya coba cari ide kreatif  nan praktis buat bekel makan siang. Seile… gaya bener yak! he he. Kayak mau bikinin bekel anak sekolahan sih jadinya 😛 tapi seruu, saya suka deh eksperimen yang kayak begini.

Oke, ide pertama adalah bikin rice ball a la a la Korea gitu. Jumeokbapp.

Kenapa rice ball? Karena praktis dibikin juga praktis dimakan, tinggal gelindingin pake tangan ke mulut he he he. Gak perlu pake sendok ambil ini itu atau cocol ini itu. Tinggal hap dan kunyah.

Mungkin anak-anak juga akan suka rice ball kayak gini, terlebih semua sayuran dan lauk bisa dimasuki disitu dan jadi kaya rasa. Sepertinya buat anak yang agak kurang suka sayuran akan lebih mudah makannya dengan metode rice ball ini, soale si sayuran jadi gak kelihatan. Meski bisa jadi akan beda ya kasusnya tiap anak. Biar tau gimana hasilnya ya tinggal dicobain aja, ya kan?. 😀

Oke deh, cus langsung kita bikin percobaan pertama kita. Berhubung jadwal belanja bahan makanan kami agendakan sepekan sekali ke apsar, maka saya akan menggunakan bahan yang ada di kulkas aja ya bahan untuk pekan ini. Jadi saya gak beli ini itu demi si rice ball.

Namanya juga ide kreatif a kaan, berarti nyari ide atau solusi dengan kondisi yang ada. Jadi siapa pun yang mau nyoba juga bisa eksperimen pake bahan apa pun yang ada di rumah masing-masing tinggal dibikin enak aja dengan bumbu. 😛

Korean Rice Ball – Nasi kepal – Jumeokbapp a la Zie

Nasi kepal sebenarnya konsep dasarnya ya nasi yang dibuat bulat-bulat sekepal. Ukurannya ada yang benar-benar sekepal tangan ada juga yang seperti bola-bola pingpong atau lebih kecil lagi. Saya rasa ini pilihan selera atau keperluan saja.

Pun soal asa dan bahan-bahan sangat mudah dikreasikan suka suka trgantung selera dan bahan yang ada.

Bahan yang saya gunakan hari ini adalah :

Nasi :

  • Beras biasa 1 cup
  • Beras ketan 1/3 cup (Optional. Saya menggunakannya hanya karena ingin lebih pulen dan kenyal aja dan suka sensasi rasanya dan lebih cepet kenyang)
  • Dicampur dan ditanak hingga matang

Lauk :

  • Kornet 189g (1 kaleng kecil)
  • 1 buah wortel dicincang kecil
  • 1/2 butir bawang bombay dicincang
  • 3 buah rawit diiris tipis (optional, jika suka pedas)
  • 3 siung bawang putih dicincang halus
  • Merica/lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • Minyak goreng/margarin 1-2 sdm untuk menumis semua bahan
rawit iris, wortel cincang, bawang bombay cincang dan bawang putih cincang

Menumis Lauk

  • Panaskan wajan, masukan minyak hingga panas
  • Tumis bawang bombay terlebih dahulu setelah beberapa detik baru masukan bawang putih hingga harum
  • Masukan rawit dan wortel, oseng-oseng sebentar
  • Masukan kornet, aduk-aduk rata
  • Masukan garam, merica dan gula pasir secukupnya, koreksi rasa.
  • sisihkan

Membuat Bola-Bola Nasi:

  • Siapkan nasi yang telah matang di mangkuk atau wadah bersih
  • Campurkan hasil tumisan ke dalam nasi lalu aduk rata
  • Tambahkan minyak wijen 1-2 sdm lalu aduk rata
  • Setelah tercampur rata, mulailah membuat bola-bola nasi dan sisihkan boa-bola nasi di piring
Campuran nasi dan tumis kornet ditambah minyak wijen secukupnya (1-2 sdm)
Aduk rata campuran nasi, lauk dan minyak wijen dan siap dibulat-bulatkan
Nasi kepal – bola-bola nasi

Nah, bola-bola nasi ini akan lebih enak jika dibalut nori dan sangrai biji wijen. Nori dan biji wijen ini biasanya dicampur bersamaan untuk balutan jumeokbapp meski tidak wajib he he.

Balutan Bola-Bola Nasi:

Ada dua cara membuatnya. Pertama nori dan biji wijen diblender bersamaa, kedua nori saja yang diblender sementara biji-biji wijen utuh.

Nah, kemarin karena ingin ada rasa-rasa gurih biji wijen bubuk maka nori dan biji wijen sangrainya saya blender bersamaan. Tapi nanti kalau bikin lagi saya akan coba biji wijennya gak diblender biar tetep utuh untuk membedakan hasil rasanya.

  • 3 lembar nori. – Nori yang saya gunakan adalah nori untuk Kimbap atau sushi-sushi-an, saya panaskan sebentar bolak balik bisa memanaskannya diatas api kompor sebentar atau di microwave. Saya lakukan ini agar lebih kriuk dan mudah diblender.
  • 5 sdm biji wijen.- Biji wijen juga saya sangrai dulu hingga agak kecoklatan dan wanginya enak. (bisa diwajan atau di microwave)
Nori lembaran dan biji wijen disangrai
hasil nori dan biji wijen diblender diberi garam secukupnya agar gurih.
Bola-bola nasi digulingkan di serbuk nori dan biji wijen
Baluti semua bola-bola nasi dengan serbuk nori dan biji wijen
Nasi kepal/bola-bola nasi/jumeokbap siap disantap dan dibekal ke kantor atau ke sekolah

 

Think Creative
KuliahBundaSayang IIP – Game Level 9
Tantangan #DayKe_9

Selamat belajar bersyukur dan berpikir kreatif..
Have a great day,

Write A Comment