Materi Cemilan Kesatu
Level 9 – Mendongeng – Grab Your Imagination
Kuliah Bunsay Institut Ibu Profesional

Mana Gaya Mendongeng Favoritmu?

Menurut Kak Awam, dongeng merupakan salah satu bentuk komunikasi persuasif. Yakni komunikasi yang dapat merubah sikap, keyakinan, perilaku tetapi dengan cara yang mendamaikan dan menyenangkan.

Ada berbagai metode yang bisa kita gunakan, diantaranya :

🎤 Monolog (satu arah)

Rentang konsentrasi anak yang pendek, menjadi tantangan tersendiri saat melakukan monolog. Sehingga diperlukan beberapa hal yang bisa menarik perhatian anak seperti, intonasi suara, ekspresi, gesture, atau berbagai macam suara yang berbeda-beda.

🎭 Dialog

Salah satu manfaat dongeng adalah membangun kelekatan. Dialog menjadi salah satu caranya, bertanyalah kepada anak tentang beberapa hal yang ia ketahui, misal “wah ini bunga apa, ya?”. Dalam dialog ada interaksi yang bisa membuat suasana lebih hidup.

🌈 Partisipatif

Anak memiliki imajinasi yang luar biasa, dan tidak ada salahnya melibatkan anak dalam dongeng yang kita lakukan. Ajak anak untuk membuat cerita versi mereka sendiri, meskipun kadang terkesan ajaib, izinkan ia untuk menciptakan ruang imajinasinya.

Selain 3 metode di atas, kita bisa juga menyelipkan nyanyian, tepuk tangan, atau bermain peran supaya suasana lebih hidup.

Nah, kalau Bunda suka metode yang mana?

Referensi :

Inilah 4 Gaya Bercerita yang Menarik bagi Anak


Buku Bunda Sayang, 12 ilmu dasar mendidik anak
https://www.kompasiana.com/gapey-sandy/551f954f8133113c5d9dfa79/mendongeng-metode-mendidik-anak-secara-fun

*Tulisan ini disadur dari materi cemilan Rabu di grup whatsapp kelas Bunsay IIP Batch 3 – Jakarta yang diposting pada tanggal 24 Agustus 2018.

Selamat Mendongeng..
Have a great time!

 

Write A Comment