Membangun karakter anak melalui dongeng

Dongeng adalah salah satu usaha laku kita dalam bertutur dalam sebuah cerita yang pasti tidak akan ditolak oleh anak-anak. Maka sangat pantaslah kita sebagai seorang ibu harus berlatih mendongeng:

📝Bagi yang anak-anaknya dibawah 12 tahun/belum baligh:

🦋 Latih diri kita untuk membuat dongeng kreatif yang mengandung nilai karakter yang ingin kita tanamkan ke anak-anak, ceritakan kepada anak-anak dengan cara yang kreatif juga & catatlah prosesnya tiap hari.

📝Bagi yang anak-anaknya sudah baligh:

🦋 Latih diri kita untuk ikut terlibat bersama anak-anak mencari & ngobrol bareng tentang segala sesuatu yang menginspirasi (tentang siapa, apa, bagaimana, dst ) dan mempunyai nilai-nilai kebaikan kemudian catat kisah serunya setiap hari.

📝Untuk semuanya:

Silahkan latih diri kita untuk menjawab segala keluh kesah anak atau anggota keluarga atau teman dengan kisah/dongeng

Contoh:

“Ibu, ini bulan-bulan yang sangat berat dalam hidup saya, saya nggak sanggup lagi kayaknya untuk melanjutkan proses yang saya mulai”

Jawab:

“Hmmm….sini ibu peluuukk….

kisahmu ini seperti pilot yang sedang menembus gumpalan awan, ada rasa takut untuk memasukinya, tapi sang pilot memutuskan harus masuk awan itu tidak bisa kembali karena pasti tidak akan sampai tujuan.

Apa yang dilakukan sang pilot? Full Konsentrasi dan High Speed masuk ke awan dan turbulensi yang luar biasa.

Penumpang pun berteriak menyebut nama Allah, pilot pun mungkin keluar keringat dingin, adrenalinnya tinggi, emosinya diguncang, tapi dia harus tenang.

Alhamdulillah suasana seperti itu hanya untuk sesaat, yang penting berani untuk dilalui. Pilot pun segera bersyukur tenang..

penumpang mulai tersenyum bahagia. Sampai di daratan peristiwa diatas tadi memang menakutkan tapi akan menjadi bagian cerita perjalanan kita”

*Tulisan ini disadur dari tantangan level 10 di grup whatsapp kelas Bunsay IIP Batch 3 – Jakarta yang diposting pada tanggal 23 Agustus 2018.

Selamat Mendongeng & Selamat Mengerjakan Tantangan
Have a great time!

Write A Comment